Friday, June 15, 2007

Usung Keranda, Seratusan Petani Mariah Hombang dan Mahasiswa Datangi Polres Simalungun

http://hariansib.com/2007/06/13/usung-keranda-seratusan-petani-mariah-hombang-dan-mahasiswa-datangi-polres-simalungun/

Pematangsiantar (SIB)

Seratusan massa tergabung dalam aliansi petani Mariah Hombang dengan mengusung “Keranda”kembali mendatangi Mapolres Simalungun, Senin (11/6) meminta 17 petani yang ditahan sejak 19 April lalu dibebaskan polisi. Seratusan massa baik orangtua, anak-anak dan mahasiswa berorasi persis di depan Mapolres Simalungun hingga mengundang perhatian masyarakat yang melintas.

Masih dengan tuntutan yang sama, massa melalui juru bicaranya, J Sitio, kembali mendesak Polres Simalungun bersikap adil terhadap rakyat kecil khususnya petani yang diperlakukan diskriminatif. Dengan menggelar berbagai spanduk dan poster massa juga mengusung keranda mayat.

Massa yang berorasi diterima Kasat Intel AKP Robert Simanjuntak dan memberikan penjelasan atas kasus yang kini ditangani polisi terhadap 17 petani yang ditahan.

Dikatakan, penangkapan dan penahanan terhadap petani dilakukan polisi karena adanya tindak pidana yang dilakukan massa termasuk penyerangan terhadap petugas. Kehadiran petugas ke lokasi karena adanya permintaan masyarakat untuk pengamanan hasil panen yang mendapat gangguan dari massa. Kini berkas pemeriksaan telah dilimpahkan ke Kejaksaan untuk proses hukum lebih lanjut, kemudian massa membubarkan diri. (S21/q)

Tambahan :
Kekerasan terhadap petani Mariah Hombang, Simalungun, yang berbuntut pada penahanan 17 warga desa terhadi pada Forum Nagori Mariah Hombang salah satu jaringan Serikat Tani Nasional di Kab. Simalungun.