Thursday, July 19, 2007

PT. AA Polisikan SEGERA, Pemprov Riau Menyesalkan Pembabatan Kebun HTI

http://www.riauterkini.com/hukum.php?arr=15159

Rabu, 18 Juli 2007 17:13

PT. AA Polisikan SEGERA,
Pemprov Riau Menyesalkan Pembabatan Kebun HTI

PT. Arara Abadi resmi mengadukan SEGERA dan warga yang membabati kebun akasia perusahaan tersebut. Sementara Pemprov Riau menyesalkan aksi SEGERA yang dinilai bisa menjadi preseden buruk di Riau.

Riatuerkini-PEKANBARU- Tidak terima kebun akasia seluas 20 hektar dibabat habis warga Sakai dan massa Sentral Gerakan Rakyat (SEGERA), PT.Arara Abadi menempuh jalur hukum. Laporan resmi disampikan ke Polsek Pinggi, Rabu (18/7) kemarin sore.

"Kami berkeyakinan apa yang dilakukan massa SEGERA merupakan tindakan melanggar hukum. Tindak pidana yang harus diproses secara hukum, karena itu kami melaporkan ke Polsek Pinggir," ujar Humas PT. Arara Abadi (AA) Nurul Huda kepada riauterkini yang menghubungi, Rabu (18/7).

Dijelaskan Nurul, laporan tersebut atas nama Reinhard Sinaga, selaku Humas PT.AA di Duri dengan nomor pengaduan Pol 192/VII/2007/YANMAS tertanggal 17 Juli 2007.

Sementara itu Pemprov Riau melalui Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Riau Tengku Khalil Jaafar menyesalkan tindakan SEGERA membabat lahan HTI PT.AA. "Itu jelas tindakan pidana yang menjadi urusan polisi. Harus ditindak tegas," ujarnya saat ditemui riauterkini di kantornya, Rabu (18/7).

Dikatakan Tengku Khalil, mestinya SEGERA menghormati kesepakatan yang telah dibuat dengan Pemprov Riau, sebab dalam pertemuan beberapa waktu lalu, SEGERA memperacayakan proses inventarisasi lahan PT.AA dan lahan lain yang bersengketa dengan masyarakat kepada Pemprov Riau. "Prorses invetarisasi itu masih berlanjut. Belum tuntas," ujarnya.

Tindakan seperti yang dilakukan SEGERA jika tidak ditindak, lanjut Tengku Khalil bisa menjadi preseden buruk di Riau. "Kalau SEGERA dibiarkan, bisa memancing kelompok lain untuk melakukan tindakan serupa. Dan jika itu terjadi, bisa sangat berbahaya bagi stabilitas keamanan dan iklim investasi di Riau," demikian penjelasan Tengku Khalil.***(mad)

Tambahan :

Sentral Gerakan Rakyat Riau (SEGERA) merupakan front perjuangan multi sektoal di Riau yang terdiri dari Perkumpulan Hakiki (LSM), Ikatan Mahasiswa Pelajar Kecamatan Bengkalis (INPERALIS), Serikat Tani Riau (STR), Partai Persatuan Pembebasan Nasional (PAPERNAS), dan SATELIT GEMPUR. STR adalah jaringan Serikat Tani Nasional di Propinsi
Riau.

Berkaitan dengan hal ini, SEGERA tengah melakukan konsolidasi data dan informasi berkenaan dengan pelaporan PT. AA serta menyiapkan kemungkinan-kemungkinan pembelaan hukum.

Foto diambil dari http://www.riauterkini.com/photo.php?arr=1362&det=1